Translate

Kamis, 03 Januari 2013

Teori Pilihan Publik


Pilihan Publik adalah pengambilan keputusan secara bersama-sama/kolektif yang dilihat dari perspektif ekonomi untuk menjelaskan fenomena sosial-politik. Dalam teori pilihan publik ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan yaitu supply-demand(pertukaran) dan kelembagaan. Menurut Samuelson & Nordhaus : Salah satu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari bagaimana pemerintah membuat keputusan yang terkait dengan kepentingan masyarakat (publik) dan  James Buchanan menjelaskan bahwa pilihan publik adalah sebuah perspektif untuk sosial politik yang muncul dari pengembangan dan penerapan perangkat dan metode ilmu ekonomi

Buchanan mengulas teori pilihan publik dari dua aspek yaitu 1)Pendekatan catallaxy yaitu Ekonomi sebagai ilmu pertukaran. Para pelaku politik menawarkan berbagai kebijakan publik kepada masyarakat(supply). Pembeli kebijakan publik ini adalah masyarakat pemilih yang akan memilih kebijakan yang benar-benar dapat mewakili kebutuhan mereka(demand). 2)Homo economicus. Konsep ini menjelaskan bahwa manusia cenderung memaksimalkan manfaat utilitas untuk dirinya karena dihadapkan pada kelangkaan sumber daya. Maksimal utilitas berlaku terhadap self choice(pilihan individu). Misalnya dalam politik, politisi sebagai pelaku memaksimalkan utilitas agar dipilih kembali melalui kebijakan dan program yang dilaksanakan bagi wilayah pemilihnya. Sementara para pemilih mengontrol suara untuk mendapatkan kebijakan yang diinginkan.

Dua aspek tersebut akan memberikan fungsi Teori pilihan publik yaitu Teori pilihan publik memberikan kerangka atau penjelasan bagaimana pemerintah membuat keputusan seperti perpajakan, pengeluaran, peraturan peraturan ekonomi dan kebijakan-kebijakan lainnya. Sehingga membantu pakar-pakar politik memfasilitasi konseptualisasi teori politik sebagai masalah-masalah tindakan kolektif. Dapat digunakan untuk mempelajari perilaku aktor politik maupun pemilih sebagai petunjuk bagi pengambilan keputusan publik dalam penentuan pemilihan kebijakan publik yang paling efektif.